Pembagian Teritori Penduduk Jaman Pra Sejarah




Salah satu petunjuk tentang kehidupan masa lampau adalah adanya berbagai peninggalan, termasuk peninggalan berupa jejak geologis yang dapat diamati pada bentangan alam. Lokasi Belongas,Sekaroh dan lokasi sekitarnya merupakan wilayah berbatu kapur yang kini kurang subur dan ditumbuhi semak-semak lantana. 

Ketidaksuburan ini disebabkan oleh kebiftsaan nenek moyang sukuSasak pada masa meramu yang biasa hidup berpindah-pindah. Nenek moyang suku Sasak pada awalnya hidup berpindah-pindah dari satutempat ke tempat lainnya untuk mengumpulkan bahan makanan darihewan dan tumbuhan.Kemudian pada tahap selanjutnya nenek moyang suku Sasak  bermukim (bertempat tinggal) secara berkelompok.

Hidupnya sudahlebih teratur dan membentuk pola-pola kepemimpinan di tempattinggalnya. Klasifikasi pemukiman masyarakat Sasak zaman prasejarah terdiri dari pemukiman di daerah pantai dan pemukimandi daerah pedalaman.

Dijelaskan sebagai berikut:
1.Pemukiman di daerah pesisir pantai.
Nenek moyarig kita yang tinggal di pesisir pantai mengambilmakanan dari pantai dan laut. Bukti tentang kelileradaannyaadanya alat yang ditemukan seperti jaring (kerakat), alat penangkap cumi-cumi dan adanya sisa kerang.

2Pemukiman di daerah pedalaman
Nenek moyang kita yang tinggal di daerah pedalaman (hutan)melqgambil bahan makanannya dari hutan maupun sungai-sungaiyang ada di dalam hutan. Adapun jenis alat yang telah ditemukandan kini disimpan di Museum NTB yaitu alat-alat berburu sepertitombak, jaring, serta kodong ipin yang digunakan untuk menangkap udang dan kodong lindung yang dipergunakan untuk menangkap belut (adiesasak)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama