Kerajaan-Kerajaran Tua Pulau Lombok Usai Perang Dan Prahara



Kerajaan-kerajaan yang pernah berkuasa di Pulau Lombok  pada masa lampau adalah sebagai berikut:

Menurut babad Lombok kerajaan tertua di Lombok terletak di desa Lae' diperkirakan di sekitar Sambelia. Beberapa tahun pindah dan membangun negeri baru yang disebut Pamatan di kecamatan Aikmel.

Ketika meletusnya gunung Rinjani, penduduk kerajaan ini terpencar-pencar antara lain ada yang ke Batu dendeng kemudian Suwung yang terletak di sebelah utara Perigi. Rajanya bernama Batara Indra. Setelah itu lahirlah kerajaan Lombok yang dipimpin oleh Raden Maspahit.

Sumber lain mengatakan,bahwa setelah kerajaan Lombok dihancurkan oleh tentara Majapahit, Raden Maspahit melarikan diri ke dalam hutan,dan sekembalinya tentara ituRaden Maspahit membangun kerajaan baru yang bernama Batu Parang yang kemudian terkenal dengan nama Selaparang.

Sumber yang lain lagi,  mengatakan bahwa pada abad keXIII M disebutkan kerajaan Perigi yang dibangun oleh sekelompok transmigran dari Jawa di bawah pimpinan Prabu Inopati. Ketika Majapahit mengirimkan ekspedisinya ke pulau Bali tahun 1343M diteruskan ke Lombok di bawah pimpinan Empu Nala untuk menaklukkan Selaparang.

Setelah.berhasil ditaklukkan, Gadjah Mada sendiri datang ke Lombok yang saat itu dikenal dengan nama Selapawis. Kedatangan Gadjah Mada ke Lombok ditulis dalam sebuah memori yang disebut Bencangah Pinan. Sejak kehancuran Selaparang Hindu, muncul kerajaan-kerajaan kecil di pulau Lombok, diantaranya adalah kerajaan Mumbul yang berpusat di Labuhan Lombok

Kira-kira pada abad IX M sampai abad ke XI M di Lombok  berdiri satu kerajaan bernama kerajaan Sasak (diketahui dari kentongan perunggu di Punjungan Tabanan). Mengenai bentuk dan susunan pemerintah kerajaan ini tidak diketahui dengan pasti.Kentongan tersebut merupakan peringatan kemenangan NegaraSasak atas Bali yang kira-kira dibuat setelah jaman Anak Wungsu (1077 M).5.

Kerajaan Kedaro, merupakan kerajaan yang terletak di Belongas,rajanya bernama Ratu Maspanji berasal dari Jawa, kemudian pindah ke Pengantap dengan nama kerajaan Samarkaton.Peninggalan kerajaan ini ialah pakaian kerajaan yang disimpan oleh Amaq Darminah di Belongas.

Demikian pula alat-alat upacara seperti gong, saat ini masih tersimpan di Penujak.  Kerajaan ini berakhir ketika terjadi serangan dari kerajaan Langko yang dipimpin oleh Patih Singarepa dan Patih Singaulung. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama