Tatap Muka dengan tokoh-tokoh masyarakat Desa Penarukan dalam acara Jumat Curhat


Tabanan - Jumat tanggal 24 November 2023 mulai pukul 19.00 wita s/d 21.10 bertempat di ruang rapat LPD Desa Penarukan dilaksanakan Kegiatan Tatap Muka dengan tokoh-tokoh masyarakat Desa Penarukan dalam acara Jumat Curhat Kapolres Tabanan yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Tabanan.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Tabanan diwakili Kasat Binmas polres Tabanan AKP I Nengah Widia S.H , bersama staf

- Perbekel Desa Penarukan 

- Jero bendesa adat Penarukan 

- Ketua BPD bersama anggota 

- Para Kawil se-Penarukan 

- Para Kelian adat se-penarukan 

- Ketua Kerta Desa dan anggota 

- Ketua Saba Desa dan anggota 

- Ketua LPM

- Ketua LPD dan staf 

- Staf desa Penarukan

- Ketua PKK serta pengurus

- Ketua satgas linmas serta 7 anggota

- Ketua pecalang serta 5 anggota

- Ketua lansia

- Ketua STT sedesa Penarukan

- Pekaseh subak enggung 

- Pemucuk LPD serta staf

- Babinsa desa penarukan

- Bhabinkamtibmas desa penarukan

  jml peserta -+ .40 orang 


Kegiatan dibuka oleh Perbekel desa Penarukan. dilanjutkan perkenalan kepada masing-masing tokoh masyarakat yang hadir pada acara tersebut, selanjutnya acara diisi oleh jero bendesa adat penarukan dilanjutkan penyampaian materi ceramah oleh Kasat Binmas yang menyampaikan bahwa Program Jumat Curhat merupakan amanat dari mabes, karena nilai foling Polri menurun,  dan Bapak Kapolri meluncurkan Jumat Curhat Dengan Tujuan dari kegiatan tsb memastikan agar pimpinan polri baik tingkat Polsek, polres, Polda sampai Mabes bertemu masyarakat menyerap aspirasi informasi baik ketertiban maupun keamanan, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap institusi polri meningkat.


Penekanan dan penyampaian dari materi ceramah tsb:

1. Kegiatan pemilu yg merupakan agenda nasional harus disukseskan ditekankan masalah penggunaan media sosial supaya lebih bijak dlm penggunaannya, isu2 yg bersifat hoax:

-Mis informasi

-Dis informasi

-Mall informasi ( blm tentu nilai kebenarannya)


2. Berkaitan dengan anak muda, pemuda harapan Bangsa menjadi pilar pejuang, mengisi kemerdekaan memimpin bangsa baik didaerah maupun di tingkat Nasional diharapkan menjauhi pelanggaran hukum (penggunaan obat obatan terlarang narkoba)


3. Menjelang pemilu banyak terjadi kejahatan konvensional ( pemalsuan uang ), transnasional ( pengedaran narkoba dll )


4. Dipastikan TNI Polri diwilayah Kab.Tabanan netral dalam pemilu yg akan datang. Karena TNI dan POLRI merupakan komponen panutan dimasyarakat 


5. Jika ada suatu permasalahan didesa, disampaikan kepada bhabinkamtibmas Menyelesaiakan permasalahan diutamakan secara musyawarah melalui Problem Solving dan juga Dibentuknya polisi Banjar  agar lebih dekat dengan masyarakat kalo ada permasalahan lebih cepat diselesaikan. Diutamakan pelayanan yg cepat humasis, santun dan religius, sehingga Masyarakat dapat menerima dgn baik.

Dari pihak Tokoh masyarakat dan masyarakat mengajukan beberapa permasalahan antara lain:

- Dari Perbekel Penarukan I Putu Rai Suteja SH, menanyakan dan meminta pencerahan terkait aturan tempat pemasangan alat peraga yang diperbolehkan.

- Dari ketua Saba desa I B Nym Sunantara yg meminta kepada aparat kepolisian untuk membantu masyarakat yang membayar samsat pajak kendaraan terutama yg atas nama orang lain agar dipermudah dan beliau juga seorang guru yg mengajar di SMK 3 seltim meminta kehadiran aparat untuk mencegah resiko kecalakan lalulintas

- Dari ketua LPD penarukan I Gst Pt Gunastra meminta untuk didatangkan narasumber ceramah untuk pembinaan terhadap anak-anak muda.

- dari ketua BPD I Dw Kt Mardika yg mengapresiasi atas kedatangan team dari polres Tabanan yg turun kemasyarakat untuk menyerap aspirasi dan meminta dengan maraknya ada komunitas Dagang dimohon untuk penjualan miras seperti bir dibatasi dan tidak terlalu fulgar.

- Dari Ketua Pecalang I Gd Alit menanyakan sebatas mana kewenangan pecalang supaya tidak tumpang tindih dengan kepolisian,  dan saat pemilu jika terjadi suatu permasalahan apa tindakan yg harus dilakukan oleh pecalang.

- dari Bendesa adat Penarukan menanyakan terkait ketidak pahaman informasi terkait pemilu yang bertepatan dengan hari raya nyepi  apakah kegiatan seperti ogoh ogoh bisa dilaksanakan karena kegiatan tersebut pembuatannya dilakukan jauh jauh hari 

Acara ceramah selesai dan ditutup oleh Perbekel Desa Penarukan, selama Kegiatan Selesai  dengan Tertib, Aman dan lancar (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama