WWF ke-10 Tekankan Pengelolaan Air Terpadu Dalam Deklarasi Menteri


Bali - Indonesia selaku tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 mengangkat dan mendorong isu pengelolaan sumber daya air secara terpadu pada pulau-pulau kecil.


Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa salah satu poin penting dalam pelaksanaan Deklarasi Menteri dalam WWF adalah mengenai kepentingan pulau-pulau kecil.


Bukan hanya itu, menurutnya, bangsa ini juga mengusulkan adanya peringatan Hari Danau Sedunia yang merupakan sumber pasokan air untuk menghidupi manusia sekaligus memiliki fungsi sosial dan ekonomi di masyarakat.


Lebih lanjut, Menteri Basuki menuturkan bahwa peringatan Hari Danau Sedunia tersebut bukan hanya sekadar simbolis saja, namun sebagai salah satu kunci utama untuk menjaga kelestarian danau di seluruh dunia.


"Kita harus menjaga danau untuk memperpanjang hidupnya, inilah gunanya peringatan Hari Danau Sedunia," ujar Ketua Harian Panitia Nasional Penyelenggara WWF ke-10 itu.


Pada pelaksanaan WWF ke-10 di Indonesia ini mampu mencetak sejarah dengan pertama kalinya menghasilkan Deklarasi Menteri.


Basuki menjelaskan bahwa hal tersebut menjadi keberhasilan Indonesia selaku tuan rumah dalam menyusun daftar proyek terkait air yang memang menjadi andalan dari berbagai negara.


"Selain Deklarasi Menteri, salah satu yang menjadi capaian pada forum ini adalah berhasilnya Indonesia menyusun daftar proyek terkait air yang menjadi andalan dari berbagai negara," ungkapnya.


Untuk diketahui, Deklarasi Menteri pada WWF ke-10 menekankan tiga poin utama. Pertama, pendirian center of excellence untuk ketahanan air dan iklim guna mengembangkan kapasitas, knowledge sharing dan pemanfaatan fasilitas yang unggul.


Poin kedua, mengangkat dan mendorong isu pengelolaan sumber daya air secara terpadu pada pulau-pulau kecil. Meskipun dikelilingi perairan yang luas, Indonesia tetap memerlukan sistem kelola yang baik untuk mengatasi tantangan kualitas dan ketersediaan air bersih.


Ketiga, pengusulan Hari Danau Sedunia atau World Lake Day.  Danau merupakan sumber pasokan air yang menghidupi manusia sekaligus memiliki fungsi sosial dan ekonomi masyarakat.


(****)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama