Yakinkan Aman Babinsa Kawal Kegiatan Mengarak Ogoh-Ogoh Di Hari Pengerupukan


Gianyar - Lebih, di wilayah Desa Lebih Babinsa Desa Lebih Koramil 1616-01/Gianyar Sertu Wayan Suama bersama Bhabinkamtimas Desa Lebih Aiptu Made Sudiarta bersinergi dengan Pecalang Desa Lebih melaksanakan pengamanan dalam rangka hari Pengerupukan rangkaian hari Raya Nyepi Caka Warsa 1946 di wilayah Desa Lebih. Minggu (10/3/2024)


Ogoh-ogoh yang dibuat tersebut merupakan perwujudan Bhuta Kala yang digambarkan sebagai sosok yang besar, menakutkan, dan berwujud raksasa, Ogoh-ogoh diarak keliling desa oleh para Pemuda dihari pangerupukan sehari sebelum hari raya Nyepi yang jatuh pada tilem kesanga. Warga dan Muda-Mudi tampak sangat antusias ikut mengiringi dengan membawa sarana Obor dan Gambelan. Iringan Ogoh-ogoh diarak sampai batas wilayah Desa Adat Pakraman dan kemudian sampai terahir Ogoh-ogoh tersebut di jadikan satu titik, di kumpulkan di setra/kuburan yang kemudian langsung di bakar dan ada juga yang di pajang di masing-masing Balai Banjar.


Babinsa bersama Bhabinkamtibmas dan juga Pecalang Desa Adat Lebih melakukan Siaga pengamanan, untuk meyakinkan bahwa kegiatan malam pengerupukan yang dilaksanakan warga masyarakat Desa Lebih dapat berlangsung aman dan kondusif. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama