Tingkatkan Produktivitas Padi, Babinsa Bersama PPL Terus Dampingi Petani




Cilacap – Tingkatkan produktivitas padi yang ada di wilayahnya, Babinsa Koramil 13/Majenang terus mendampingi para petani. Salah satunya saat melaksanakan panen padi ubinan di RT 06/07 Dusun Bantareja Desa Pahonjean Kecamatan Majenang kabupaten Cilacap, Jum’at (31/05).

Menurut Babinsa Pahonjean Serda Teguh, panen padi ubinan milik Kelompok Tani "Kompas BP" (Komplek Pasar Bantar Picung) ini merupakan panen padi perdana di Desa Pahonjean, Kecamatan Majenang dengan lahan seluas 0,36 Ha. Dalam pendampingannya, Babinsa ditemani Pelaksana bidang Tanaman Pangan (TP) Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Didik Darmono, SP dan  PPL Desa Pahonjean Tri Yugo Istianto, S.TP dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Majenang.

“Turunnya Babinsa di sawah bersama PPL diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat tersendiri bagi para petani untuk selalu berusaha meningkatkan produktivitas panen padinya,” katanya.

Selain itu, kegiatan panen padi tersebut merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian Babinsa dalam menyukseskan progam swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah.
 “Berdasarkan data yang tercatat, panen ubinan pada bulan Mei ini di lahan Poktan “Kompas BP” Desa Pahonjean seluas 0,36 Ha, diperkirakan mencapai 7,8 ton per Hektare dengan jenis padi logawa,” jelas Babinsa Serda Teguh.

Terkait hasil ini, H. Miftahul Alwi selaku Ketua Kelompok Tani “Kompas BP” menyampaikan rasa terima kasih kepada Babinsa yang mendampingi kelompok tani secara penuh sejak penanaman hingga masa panen. “Apa yang kami lakukan ini sepenuhnya mendapatkan bimbingan dan pendampingan secara teknis oleh Babinsa bersama PPL dimana panen padi saat ini dengan menggunakan penghitungan sistem ubinan mengalami peningkatan dari panen sebelumnya,” katanya.

(Urip)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama