Rakor Forkopimda Kabupaten Kulon Progo




Kulon Progo.  Kamis, 23 Mei 2019 pukul 13.45-16.10 WIB, bertempat di Ruang Rapat Menoreh Pemkab Kulon Progo, Jln. Perwakilan No. 1 Wates, Kulon Progo, berlangsung Rakor Forkopimda Kulon Progo dalam rangka antisipasi perkembangan dan situasi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Rakor dipimpin oleh Wakil Bupati Kulon Progo (Drs. H. Sutedjo) , dihadiri oleh Ketua DPRD Kulon Progo (Akhid Nuryati, SE), Dan Yon B Brimob Sentolo (AKBP M.Akbar Thamrin, SIK), Wakapolres Kulon Progo (Kompol Dedi Suryadarma, SH.SIK), Pasi Ops Kodim Kulon Progo (Kapten Inf Irwan), Kasi Lambangja (Kapten Lek Bambang Suryo), Kasi Intel Kejaksaan Kulon Progo (Yogie Andiawan, SH) dan Pejabat Kabupaten Kulon Progo terkait lainnya.

Wabup Kulon Progo, diawal sambutannya menyampaikan bahwa Rakor akan membahas terkait dengan kesiapan jelang Idul Fitri 1440 H di Kulon Progo.  Intinya hari ini kami butuh pemaparan dinas terkait, berkaitan tugas pokok guna melengkapi agar pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri berjalan aman kondusif.  Informasinya, pemudik akan banyak gunakan jalur darat dengan dipengaruhi banyaknya jalan tol penghubung di pulau Jawa dan kenaikan harga tiket pesawat.

Wakapolres Kulon Progo dalam paparannya mengatakan bahwa kami dalam upaya cipta kondusif, sejak Ops Mantab Brata Pemilu, kami telah bersama lakukan patroli tempat rawan antisipasi curat, curas, curanmor, premanisme, petasan dll.  Kami dirikan 2 Pos Pam dan 2 Pos Yan untuk amankan dan layani masyarakat.  Pos tersebut antara lain : Pos Pam Pasar Sentolo Baru 54 pers, Pos Pam Pangkalan Congot 54 pers, Pos Yan Terminal 54 pers, Pos Yan Stasiun 15 pers, Pos Yan Kalibiru 15 pers, Pos Yan Pantai Glagah 15 pers.  Untuk jalur utama tetap gunakan jalan nasional, jalur alternatif arah Bantul akan gunakan jalan Toyan-Brosot, sementara jalur alternatif Magelang akan gunakan jalan Ngeplang-Kalibawang.

Kadishub Kulon Progo, menyampaikan bahwa Kementerian Perhubungan dalam agenda pengamanan lebaran ini memiliki slogan "Mudik Slamet Guyub Rukun". Seperti tahun sebelumnya bahwa kami akan bangun Pos di depan Kantor Dishub sekaligus memonitor angkutan yang melalui jalur Kulon Progo. Pengamanan dilakukan H-7 hingga H+7 Lebaran.  Rest area yang tersedia berada di Batas Sindutan Temon, Majid Nurul Huda Temon, SPBU Sogan, Jembatan Timbang Kulwaru, Masjid Agung Kulon Progo dan Baldes Kedungsari.  Untuk pengamanan, kami akan bekerjasama dengan relawan Radio seperti RAPI, Renggolawe, Senkom dll.


Plt Kadinkes Kulon Progo, dr. Ananta Kogam, Mkes menyampaikan bahwa Dinkes untuk pelayanan Lebaran adalah tanggal 29 Mei-13 Juni 2019.  Kami akan berikan layanan 24 jam di Puskesmas dan Rumah Sakit sepanjang jalur mudik serta kawasan wisata.  Melaksanakan pemeriksaan obat makanan Kosmetik bahan berbahaya bersama Instansi terkait yg dikoordinir oleh Satuan Polisi Pamong Praja. Pengamatan penyakit menular juga selalu kita pantau melalui Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit.  Kami juga libatkan Tim Medis bekerjasama dengan PMI di Pos Yan Terminal Wates. Untuk Poliklinik RS secara umum tutup sesuai jadwal libur nasional namun IGD tetap buka 24 jam.

Kadis Perindag Kulon Progo, Iffah Mufidati SH MM memaparkan bahwa kesiapan Dinas Perindag di Bulan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1440 H dengan melakukan monitoring harga di 5 pasar besar di Kulon Progo yaitu Pasar Bendungan, Pasar Wates, Pasar Sentolo, Pasar Temon dan Pasar Galur. Pengawasan pangan telah kami lakukan bersama Instansi terkait secara kontinyu di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Untuk ketersediaan BBM kita juga lakukan pemantauan dan pengawasan di 12 SPBU yang ada yaitu SPBU Sentolo, Wates, Congot, Ngramang, Jatisarono, Sogan, Sukoreno, Glagah, Brosot, Demen, Derwolo dan Dekso. Kebutuhan LPG di Kulon Progo terpenuhi stabil karena didistribusi oleh 5 Agen yaitu :  PT. Bhumi Harapan Umat (Sukoreno), PT. Kerja Patra Mandiri (Siwalan), Putra Pertama Jaya (Giripeni), Pijar Biru Kinaragas (Kaliagung) dan Zein Kadir (Lendah).  Secara umum stok bahan pokok dalam kondisi aman.

Diakhir acara Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo mengucapkan terima kasih atas pemaparan oleh Instansi lintas sektoral.  Harapannya masyarakat yang melaksanakan ibadah Ramadhan dan merayakan Lebaran Idul Fitri 1440 H di Kabupaten Kulon Progo dalam situasi yang dinamis, tidak ada kendala apapun. Semoga semua dapat berjalan sesuai rencana. 

Kodim 0731/Kulon selaku Aparat Kewilayahan akan ikut berperan aktif dalam pengamanan dan pelayanan mudik lebaran, pemantauan harga bahan pokok dan hal-hal lain, demi tercipatanya mudik yang nyaman serta situasi dan kondisi yang kondusif. (Pendim 0731/KP).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama