Petani Desa Karangsewu Mulai Tanam Kedelai



Kulon Progo. Pasca panen padi Musim Tanam 2 (MT.2), para petani di Desa Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, mulai menanami kedelai lahan persawahan mereka.
Tanaman komoditas kedelai merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam program Upsus Swasemaba Pangan. Untuk itu sudah menjadi tugas dan tanggungjawab Babinsa untuk melakukan pendampingan.

Selasa (21/05/2019), Serda Agus Aryanto, Babinsa Karangsewu, Koramil Galur, Kodim Kulon Progo, melaksanakan pendampingan dan membantu Bapak Toni Wibowo, menanam kedelai dilahan miliknya di Bulak Wonopeti, Desa Karangsewu. 

Dengan menggunakan ‘ponjo” / alat pembuat lubang terbuat dari kayu yang diruncingkan ujungnya, satu persatu lubang dibuat oleh bapak Toni, istrinya yang menaruh biji-biji kedelai ke lubang tersebut.  Serda Agus bergantian dengan pemilik lahan tersebut membuat lubang dan menaruh biji kedelai.

Dalam penanaman kedelai ini dilakukan sesegera mungkin setelah panen padi, jangan sampai menunggu tanah kering, agar lebih mudah dalam membuat lubang dan kondisi tanah masih lembab sehingga biji kedelai cepat tumbuh.  (Pendim 0731/KP).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama