Jerawatan Saat Hamil? Hati-Hati, Gunakanlah Herbal Ini

Banyak wanita yang mengeluhkan munculnya jerawat saat hamil, terutama pada trimester pertama dan kedua. Walaupun biasanya akan hilang setelah melahirkan, jerawat saat hamil tetap saja mengganggu. Terlebih ibu hamil tidak boleh sembarang menggunakan krim kecantikan atau obat jerawat yang mengandung bahan kimia. Nah, daripada menggunakan obat jerawat yang berisiko, sebaiknya gunakan bahan alami yang sudah pasti aman untuk mengatasi jerawat saat hamil.

Bahan alami sebagai obat jerawat saat hamil
Munculnya jerawat saat hamil disebabkan oleh kenaikan hormon androgen. Pelepasan hormon androgen yang berlebihan ini menyebabkan kelenjar kulit menghasilkan lebih banyak sebum, yaitu zat yang banyak mengandung minyak dan lemak. Akibatnya, pori-pori wajah menjadi tersumbat dan memicu jerawat. Nah, enam bahan alami ini bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasi masalah jerawat, di antaranya:



1. Cuka sari apel
Ketimbang memilih obat jerawat yang mengandung bahan kimia, cuka sari apel lebih aman digunakan untuk mengatasi jerawat saat hamil. Bahan alami ini bisa Anda gunakan untuk membuat toner alami. Bagaimana caranya? Mudah, kok!

Campurkan cuka sari apel dengan air dengan perbandingan 1:3 dan rendam kapas pada larutan tersebut. Tepuk kapas pada wajah untuk menyerap minyak berlebih di wajah. Campuran bahan alami ini mengandung enzim dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu mengatasi jerawat membandel.

2. Baking soda
Selain untuk membuat kue, baking soda juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Pasalnya, baking soda memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang mampu menyerap minyak di kulit dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Campurkan satu sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air, kemudian oleskan hanya di bagian yang berjerawat. Tunggu sampai kering, baru bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, aplikasikan larutan ini sebanyak dua sampai empat kali seminggu. Mudah, bukan?

3. Buah-buahan sitrus
Buah sitrus (seperti buah jeruk, lemon, atau jeruk nipis) memiliki khasiat yang menakjubkan jika dimanfaatkan untuk kulit. Buah-buahan sitrus mengandung asam alfa hidroksi yang dapat membantu mengencangkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Sifat astringent dan antibakteri pada buah sitrus sangat efektif sebagai agen eksfolian kulit.

Peras lemon atau jeruk nipis dan oleskan langsung ke titik jerawat dengan menggunakan kapas. Biarkan selama 10 menit atau sampai kering, bilas dengan air dingin. Cukup oleskan sekali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun perlu dicatat, bila Anda memiliki kulit yang sensitif, campurkan tetesan lemon dengan air untuk mencegah iritasi kulit.

4. Madu
Madu terkenal dengan sifat antibakteri dan antiseptik yang baik untuk mengenyalkan dan mengencangkan kulit wajah. Pertama-tama, bilas wajah Anda dengan air hangat dan keringkan. Oleskan madu ke area wajah yang berjerawat dan tunggu hingga 20 sampai 30 menit. Jika sudah cukup kering, bilas dengan air hangat. Lakukan pada pagi dan malam hari untuk menjaga kelembapan kulit dan tentunya mengatasi jerawat yang bersarang di wajah Anda.

5. Minyak kelapa
Bahan yang satu ini mudah ditemukan dan sifatnya serba guna. Selain untuk masak, minyak kelapa juga bisa Anda gunakan di wajah, lho. Pasalnya, minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang cocok digunakan untuk membersihkan bakteri penyebab jerawat. Minyak kelapa juga dapat dengan mudah diserap oleh kulit wajah sehingga membuat kulit wajah terhidrasi dengan baik.

Oleskan minyak kelapa pada area jerawat sebelum tidur dan diamkan semalaman. Lakukan cara ini setiap malam hari menjelang tidur dan buktikan sendiri keampuhannya dalam membasmi jerawat saat hamil.

6. Oatmeal dan timun
Campuran oatmeal dan timun memberikan efek dingin untuk kulit wajah bila digunakan sebagai masker. Caranya pun mudah. Blender oatmeal dan potongan timun, kemudian masukkan ke dalam kulkas. Oleskan ke wajah selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan air dingin. Selain memberikan sensasi sejuk, wajah Anda akan semakin bersih dengan jerawat yang semakin mengecil.


Oleh Adelia Marista Safitri (hellosehat.com)
Data medis direview oleh dr. Damar Upahita.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama